<-!>

» » » » » » SBMPTN 2019 100% Ujian Berbasis Komputer, Simak Perbedaanya dengan SBMPTN 2018


Hai adik-adik sahabat pelajar Lampung, siapa yang mulai saat ini sudah mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2019? Bahkan mungkin, sudah dari beberapa tahun lalu kalian menyiapkan diri dengan berbagai materi dan latihan soal, Kalau memang kalian sudah mempersiapkan SBMPTN dengan sebaik-baiknya, jadi seharusnya enggak perlu khawatir dong dengan beberapa perubahan yang akan dilakukan tahun depan.

Eh, tapi aturan apa saja sih yang berubah di SBMPTN 2019? Daripada penasaran, yuk simak perubahannya di bawah ini biar kamu bisa semakin mantap persiapkan diri!

Adik-adik sahabat pelajar Lampung, ada beberapa perubahan pada alur SBMPTN 2019. Kalau sebelumnya kalian harus fokus merancang strategi untuk pilih jurusan dan PTN dulu baru belajar, pada SBMPTN 2019 nanti, kalian harus fokus belajar dulu, barulah memilih jurusan dan PTN. Yuk, simak lengkapnya di bawah ini:
  1. Daftarkan diri kamu untuk ujian (Saintek/Soshum) sesuai jurusan di PTN terdekat.
  2. Ujian dilaksanakan. Materi soal yang akan diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek/Soshum.
  3. Pengumuman nilai diterima secara individu.
  4. Apabila belum puas dengan nilai yang kamu dapatkan, kamu bisa mendaftar dan mengikuti 1 ujian lagi (Maksimum 2 kali mengikuti ujian per orang tiap tahunnya).
  5. Hasil tes digunakan untuk mendaftarkan diri kamu ke 2 PTN pilihan.
  6. Pengumuman kelulusan dilakukan oleh PTN lewat seleksi internal.
Secara sederhana, beginilah kira-kira gambaran alur baru SBMPTN 2019:
Daftarkan diri untuk ujian -> Melaksanakan ujian -> Pengumuman -> Daftarkan diri untuk 2 PTN pilihan -> Pengumuman kelulusan dari PTN.

Ada beberapa perbedaan pada SBMPTN tahun depan yang mungkin akan bikin kamu ‘kagok’. Misalnya seperti ujian tertulis di kertas yang berubah jadi di komputer. Mau tahu lengkapnya? Simak di bawah ini, ya.

1. Metode Tes: Uji Tulis Berbasis Komputer alias UTBK
Bersiaplah, Adik-adik sahabat pelajar Lampung karena tahun depan ujian menggunakan kertas akan ditiadakan dan diganti dengan Uji Tulis Berbasis Komputer alias UTBK. Mohammad Nasir selaku Menristekdikti optimis kalau kebijakan ini lebih terjamin prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Selain itu, biaya UTBK juga akan jauh lebih murah.

2. Alokasi & Komposisi Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN 2019
Tahun lalu, kuota penerimaan jalur SNMPTN minimum 40 persen dan SBMPTN minimum 30 persen untuk kebanyakan PTN. Sementara untuk tahun 2019 nanti, kuota penerimaan jalur SNMPTN menjadi minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen dan ujian mandiri maksimum 30%. Kamu perlu tahu kalau kebijakan daya tampung masing-masing PTN nantinya akan berbeda, jadi lakukan riset kamu dengan betul ya!
Keputusan ini diambil karena Kemenristekdikti melihat hasil penelusuran prestasi calon mahasiswa dan evaluasi akademik tahun kemarin membuat Panselnas penerimaan masuk PTN sulit membedakan mana mahasiswa yang lebih potensial.

3. Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) & Tes Kemampuan Dasar (TKD) Diganti menjadi Tes Kemampuan Skolastik (TPS) & Tes Kompetensi Akademik (TKA)
Tenang, Adik-adik sahabat pelajar Lampung. Mungkin hanya berbeda nama saja, tapi sebenarnya TPS dan TPA tidak jauh berbeda kok seperti TKPA dan TKD. TPS merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif kamu, yakni kemampuan penalaran yang dianggap sangat penting buat keberhasilan kamu di sekolah formal nanti. Sedangkan TKA merupakan tes untuk mengukur pengetahuan penguasaan materi yang kamu dapat di sekolah dan diperlukan supaya bisa berhasil di perguruan tinggi, seperti kemampuan analisis dan tesnya enggak murni hanya dari mata pelajaran.

4. Perubahan Penyelenggara – Dari Panpus SNPMB PTN Menjadi L2TMPT
Tahun-tahun sebelumnya, penyelenggara SBMPTN adalah Panpus SNPMB PTN atau Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri dan bersifat ad hoc atau berubah tiap tahun. Sedangkan untuk tahun 2019, penyelenggaranya adalah L2TMPT atau Lembaga Layanan Tes Masuk Perguruan Tinggi yang bersifat permanen dan punya kantor di Jakarta. Lembaga ini nantinya punya 2 tugas, yakni sebagai pengelola dan pengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN, serta sebagai pelaksana UTBK.

5. Kesempatan Ujian: Ujian Bisa Dilakukan Dua Kali dalam Setahun
Berbahagialah Adik-adik sahabat pelajar Lampung, sebab di SBMPTN 2019 nanti, kamu bisa melakukan tes sebanyak 2 kali dalam setahun. Jadi, kalau kamu belum puas dengan hasil tes yang pertama, kamu masih boleh ikut tes lagi. Nilai tertinggilah yang akan dijadikan acuan bagi PTN tujuan kamu. Buat kamu yang mau mengikuti tes ini, kamu harus membayar Rp200.000 untuk masing-masing tes. Meskipun artinya harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk mengikuti ujian, namun kamu diberikan kesempatan untuk membuktikan nilai kamu yang sebenarnya!

6. Pelaksanaan Tes
Untuk SBMPTN 2019, tes akan dilakukan sebanyak 24 gelombang setiap hari Sabtu dan Minggu di 85 PTN berbeda selama periode Maret-Mei 2019 (12 hari). So, tunggu saja tanggal pastinya, dan be prepared, karena Maret 2019 sudah semakin dekat!

Soal TKA Mengandung HOTS (High Order Thinking Skills)
Adik-adik sahabat pelajar Lampung, beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan berita-berita mengenai soal HOTS yang katanya sangat sulit. Duh, terus gimana dong kalau HOTS ini ada di dalam SBMPTN? Tenang, Adik-adik sahabat pelajar Lampung. Kamu harus tahu dulu sebelumnya apa itu HOTS dan apa gunanya buat masa depan kamu. Simak di bawah ini.

Apa Itu HOTS?
Dengan HOTS, siswa dituntut untuk bisa mengasah logika matematikacritical thinking, dan juga problem solving skillMelalui HOTS, siswa harus bisa menggunakan ilmu yang dimilikinya untuk menganalisis, mengevaluasi, bahkan menciptakan sesuatu. Menurut Guru Besar ITB dalam bidang matematika, Iwan Pranoto, tiga hal tadi merupakan tiga tahap tertinggi dalam taksonomi Bloom yang dicetuskan ahli pendidikan Benjamin Bloom. Menurut Bloom, beberapa tujuan pendidikan adalah menghafal, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Kenapa SBMPTN 2019 Menggunakan HOTS?
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Bapak Nizam, menjelaskan bahwa dengan konsep kecakapan berpikir yang dikembangkan berdasarkan model taksonomi Bloom ini, siswa menjadi punya kemampuan berpikir orde tinggi sehingga bisa menyelesaikan masalah yang kompleks, berpikir kritis serta rasional. Siswa tidak sekedar menghafal pelajaran, tetapi juga mampu menganalisa, mensintesa, dan mencipta. Dengan kebiasaan menghadapi soal-soal menantang seperti HOTS, menurut Nizam pikiran siswa jadi bisa terpacu lebih berkembang supaya bisa berpikir kritis dan kreatif.

Uji Keterampilan Diganti dengan Seleksi Portofolio
Adik-adik sahabat pelajar Lampung, tidak seperti SBMPTN sebelumnya, tahun 2019 besok Uji Keterampilan akan diganti dengan Seleksi Portofolio. Dalam Seleksi Portofolio, kamu akan diminta untuk melampirkan atau mengunggah dokumen portofolio prestasi-prestasi yang dimiliki. Menurut Menristekdikti, Mohamad Nasir, model tes seperti ini lebih memberikan rasa keadilan pada siswa.

Jadi buat kamu yang sudah tau mau masuk cabang jurusan seni dan olahraga, pastikan kamu membangun seleksi portofolio tersebut sedini mungkin ya! Giatlah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang sesuai dengan jurusan yang kamu mau nanti.

Sistem Skoring atau Penilaian SBMPTN 2018 & 2019
Kamu tahu kan Adik-adik sahabat pelajar Lampung, kalau tahun-tahun sebelumnya nilai SBMPTN sangat rahasia alias enggak pernah keluar dan enggak akan diketahui peserta. Namun, berbeda dengan SBMPTN 2019. Tahun depan, kamu bisa melihat hasil dari nilai ujian. Setelah nilai tes keluar, barulah kamu mendaftar ke PTN yang kamu dambakan.
Kamu pastinya juga tahu kalau di tahun lalu ada perubahan di cara penilaian SBMPTN 2018,  Nah, pertanyaannya adalah; Apakah akan ada perubahan di sistem penilaian SBMPTN 2019 nanti?

Saat ini sih memang belum ada informasi lebih lanjut dari pihak resmi penyelenggara SBMPTN 2019, namun kamu harus tetap update dengan perubahan-perubahan yang nantinya akan datang. Makanya pantengin terus informasi dari pihak kemenristekdikti dan juga dari Bimbel Ning’s Course ya !!!

Adik-adik sahabat pelajar Lampung, itulah beberapa hal terkait perubahan SBMPTN. Enggak usah khawatir kalau memang kalian sudah siap-siap dari kemarin. Tiada usaha yang mengkhianati hasil, kok. Terus tingkatkan kemampuan belajar kalian dan  Jangan lupa berdoa dan jaga kesehatan selalu, Adik-adik sahabat pelajar Lampung. Semangat!

About Nings Course

Bimbingan Belajar Ning's Course merupakan bimbingan belajar tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di Bandar Lampung dengan beragam kebutuhan mata pelajaran. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui contact center yang tersedia, terima kasih. semoga bermanfaat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply